•  
  • Situs Resmi KPU Kabupaten Indramayu
Senin, 04 Januari 2016 - 10:57:30 WIB
Kepastian Pemenang Pilkada Indramayu 2015 Ditentukan Hari Ini
Diposting oleh : KPU Kabupaten Indramayu
Kategori: PEMILUKADA NEWS - Dibaca: 665 kali

 

INDRAMAYU - Sebanyak 624 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan jalannya sidang pleno penghitungan suara hasil pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Indramayu 2015, yang akan digelar KPU Indramayu, di kantor KPU setempat, Kamis-Jumat (17-18/12).

Personel gabungan itu terdiri atas, 444 personel Polres Indramayu dan 180 personel dari Brimob Polda Jabar. Mereka akan ditempatkan di sejumlah sudut kantor KPU, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.  

Hal itu dikemukakan, Kapolres Indramayu AKBP Wijonarko terkait persiapan pihaknya dalam mengantisipasi jalannya sidang pleno KPU Indramayu untuk menghitung hasil Pilkada Indramayu 2015 tersebut.

 “Sebanyak 624 personel kami siagakan untuk mengawal jalannya sidang pleno di KPU Indramayu,” kata Kapolres Indramayu, AKBP Wijonarko didampingi Kabag Ops, Kompol Gotam Hidayat dan Kabag Humas, AKP Ramauli kepada “FC”, Rabu (16/12).

Menurutnya, selain menerjunkan ratusan personel, pihaknya juga berencana akan melakukan penutupan jalan demi kelancaran proses perhitungan di KPU tersebut.

“Kami akan melakukan pengamanan ekstra ketat jalannya sidang pleno KPU, agar preses perhitungan berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya

Kapolres mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk tidak sembarangan menggunakan senjata api. Hal itu gara, dalam pengamanan nanti, suasana tetap senyaman mungkin, agar kegiatan pengamanan tersebut tidak berlangsung secara tegang. 

"Selain itu, kami pun telah berkoordinasi dengan KPU agar di depan halaman KPU dipasang monitor atau layar berukurab besar, agar pengunjung yang tidak bisa masuk ke dalam gedung, bisa melihat jalannya penghitungan dari luar saja," ujarnya.

Dia menginstruksikan kepada para kabag dan kapolsek agar benar-benar memahami tugas dan menyampaikan ke bawahan, agar dalam pengamanan pelaksanaan tugas sesuaikan dengan SOP.

"Kepada para Kapolsek agar memonitor di setiap kecamatan, bilamana ada massa yang akan berangkat ke KPU. Monitor kisaran suara di luar, untuk mengantisipasi kerawanan yang akan timbul," katanya.

Ia juga memastikan menempatkan pengamanan tertutup yang dilakukan anggota berpakaian preman .

"Yang boleh masuk kantor KPU, hanya yang menggunakan tanda pengenal," terangnya.

Dia menambahkan, pintu masuk hanya ada satu, dimana di pintu masuk tersebut, personel pengamanan tamu dilakukan maksimal, salah satunya dengan menggunakan metal detektor serta pemeriksaan badan untuk tamu laki-laki oleh polisi laki-laki dan untuk tamu perempuan oleh Polwan.

Sebelumnya, hasil hitung rekapitulasi suara calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, berdasarkan formulir model C 1 di tingkat PPS di 31 kecamatan se-Kabupaten Indramayu yang tersebar dalam 2.781 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pasangan Anna Sophanah-Supendi (ANDI) jauh mengungguli pasangan Toto Sucartono-H Rastawinguna (TORA).

Dalam rekapitulasi tingkat kecamatan yang telah 100 persen tersebut, pasangan Anna Sophanah-Supendi (Andi) meraih 452.348 suara atau 55,95 persen, sedangkan pasangan Toto Sucartono -Rasta Wiguna (Tora) memperoleh 356.124 suara atau 44,05 persen, dengan tingkat partisipasi 59,72 persen.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Moh Hadi Ramdlan, mengatakan, sesuai tahapan pelaksanaan pilkada, rekapitulasi di tingkat KPK tengah dilakukan yakni terhitung-Kamis-Selasa (10-15/12). Sementara rekapitulasi di tingkat kabupaten akan dilakukan pada 17-18 Desember 2015 mendatang.

"Kami tegaskan bahwa penghitungan yang tertera di website KPU itu baru sementara dan kami tidak berpatokan dengan hasil itu," katanya.

Menurutnya, dalam pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten itulah yang menjadi dasar untuk menetapkan pasangan yang bakal memimpin Indramayu lima tahun ke depan.

 "Kami meminta semua pihak untuk menghormati apapun hasil yang nanti akan diperoleh. Untuk itu mohon bersabar,” ujarnya.*



0 Komentar :